Ada Hikmah Dibalik Musibah Banjir, Apa hubungannya dengan Rumah?

Ada Hikmah Dibalik Musibah Banjir, Apa hubungannya dengan Rumah?

Banjir di Jalan Pasteur Kota Bandung, Jawa Barat. Foto: Infolalulitas.com @infoll

Musim hujan telah tiba, saat ini curah hujan cukup tinggi, hampir setiap hari turun hujan. Bahkan dibeberapa lokasi hujan turun sepanjang hari. Seperti yang kita ketahui banjir adalah musibah yang tidak asing lagi di Indonesia. Ada beberapa daerah yang serimg sekali dilanda banjir, salah satunya adalah jakarta. Bencana banjir memang sangat merugikan, terutama bagi yang terdampak, namun ada ada juga hikmah atau keuntungan bagi beberapa pihak. Apa itu?

Banjir Menyerang Semua Daerah


Banjir saat ini tidak hanya terjadi di Jakarta, namun hampir semua daerah di Indonesia. Dikota besar seperti Surabaya, Semarang Bandung pun tak luput dari bencana banjir. Bahkan banjir juga terjadi didaerah-daearah lain, seperti yang baru-baru unu banjir bandang terjadi di Garut. 

Banjir tidak hanya melanda kawasan kumuh atau padat penduduk, banjir pun juga melanda kawasan rumah mewah dan perkantoran.

Sebagai contohnya di Jakarta hampir setiap musim hujan selalu dilanda banjir. Tidak hanya di daerah padat penduduk namun juga di kawasan elit dan perkantoran. Bahkan dibeberapa titik selalu menjadi langganan banjir setiap musim hujan.

Bahkan baru-baru ini tepatnya tanggal 24 Oktober 2016 kota Bandung di landa Banjir, tepatnya di Jl Pasteur. Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung, Jawa Barat sepanjang Senin membuat jalanan kota kembang tersebut terendam banjir. Melihat fenomena banjir yang sering terjadi di Indonesia, bagaimana nilai rumah / propertinya?

Harga Properti Turun


Musibah banjir tentunya mempengaruhi harga properti rumah yang ada dikawasan tersebut. Tentu anda sudah memprediksi bahwa harga properti rumah dikawasan banjir akan turun. Hal ini disebabkan orang yang akan berinvestasi properti rumah dikawasan banjir ini akan berpikir dua kali.

Perlu anda ketahui juga bahwa nilai properti dikawasan banjir tidak selamanya mengalami penurunan. Ada juga properti rumah di kawasan banjir yang harganya tetap baik. Meskipun demikian tentu properti yang berada dikawasa banjir kenaikannya lebih rendah dibanding properti rumah yang ada di kawasan bebas banjir.

Tentu banjir ini menjadi hikmah bagi ada yang berencana membeli properti dengan harga yang lebih murah, anda bisa menekan harga serendah mungkin kepada pemilik/penjual dengan alasan daerah rawan banjir.

Sebenarnya penurunan nilai properti tidak hanya disebabkan oleh banjir, turunnya harga properti juga dipengaruhi faktor lain, seperti arah pembangunan yang diluar dugaan. Jangan khawatir juga untuk membeli properti dikawasan banjir karena properti rumah dikawasan ini tidak akan benar-benar rugi.

Harga Properti Akan Kembali Naik

Pada umumnya, nilai properti di sebuah kawasan banjir akan terpengaruh ketika banjir tiba. Ini disebabkan properti rumah dan lingkungan yang terdampak banjir menjadi tidak memiliki nilai jual. meskipun demikian, harga properti akan naik kembali.

Biasanya nilai properti rumah akan kembali naik setelah beberapa waktu dari banjir sudah surut. hal ini memungkinkan karena properti rumah biasanya akan direnovasi setelah terkena banjir.

Banjir juga tidak akan melanda sepanjang tahun , artinya banjir hanya terjadi diwaktu musim hujan, hanya beberapa hari saja, itupun terjadi hanya saat curah hujan cukup tinggi. Bahkan dibeberapa lokasi terjadi banjir sifatnya hanya isidentil saja, misalnya karena tanggul jebol, atau saluran air tersumbat. Tentunya pemerintah setempat akan melakukan perbaikan dan kemungkinan besar banjir tidak terulang kembali.

Apalagi jika properti tersebut berada dilokasi yang sangat strategis, di dekat pintu tol misalnya, atau dipertigaan jalan utama. Tipe dan lokasi pun turut menentukan apakah properti tersebut akan naik atau turun.

Kalau anda, apakah tertarik membeli properti rumah dikawasan banjir karena harganya sedang turun?
Yuk berikan jawaban anda di kolam komentar.!

Temukan properti impian anda di Urbanindo

Anda juga dapat mencari properti impian anda disitus Rumahdijual,com

#Banjir #Bandung #Jakarta #Hargarumah #propertimurah