Tips Beli Rumah Bekas Untung Berlipat

Tips Beli Rumah Bekas Untung Berlipat


Properti adalah investasi yang banyak diminati karena menawarkan imbas hasil tinggi. Harga properti bahkan bisa melonjak 70% jauh melampaui instrumen investasi lainnya. Properti sendiri bisa untuk investasi jangka menengah dan jangka panjang, bahkan bisa untuk jangka pendek jika anda lihai melihat peluang. Di sektor properti sendiri banyak jenisnya mulai rumah, apartemen, ruko, gedung perkantoran gudang, dan tanah/lahan.

Nah, bagi kamu yang mulai berbisnis properti, rumah second atau bekas pakai juga tidak kalah menguntungkan. Asalkan jeli, rumah second menjanjikan untung lumayan. Atau bagi anda yang bukan berbisnis, membeli rumah second untuk tempat tinggal bisa juga menjadi pilihan karena tentu harganya lebih murah dibandingkan anda beli rumah baru. Selain itu jika anda jeli ada bisa mendapatkan rumah yang harganya jauh lebih murah sehingga lebih hemat tentunya.. :-)

Berikut tips membeli rumah bekas dengan harga murah:


1. Beli Rumah Jual Butuh


Anda dapat membeli rumah second dengan harga serendah mungkin ke penjual yang sedang butuh uang, banyak alasan orang menjual asetnya. Diantaranya butuh untuk berobat, untuk bayar hutang maupun kebutuhan mendesak lainnya. Karena sedang butuh uang pasti ingin rumahnya cepat laku sehingga biasanya dijual dibawah harga pasaran. Rumah second biasanya harganya masih nego sehingga anda bisa menekan harga serendah mungkin. Penjual yang pada posisi jual butuh biasanya tidak banyak pilihan asal cepat laku.

Bagaimana mengidentifikasi penjual yang sedang butuh dengan yang jual santai?

>> Cek Kata kunci pada judul iklan maupun deskripsi <<


Ini yang benar-benar anda cermati dan harus jeli. Langkah pertama anda harus cek di Iklan rumah dijual baik di internet maupun koran. Saya sarankan melihatnya di internet karena lebih mudah dan efisien. Apa yang harus di cermati? anda harus mencari kata kunci rumah "jual cepat", "jual butuh", "jual segera", "Butuh Uang" ini adalah salah satu indikator bahwa pemilik sedang butuh dana segar segera, sehingga pemilik rumah merasa harus menginformasikan ke calon pembeli bahwa dia sedang butuh uang dan ingin rumahnya segera dibeli. Jika pemilik menggunakan jasa Agen Marketing untuk memasarkan rumahnya dia juga biasanya akan menginformasikan ke Agen Marketingnya agar rumahnya cepat dijual. Secara otomatis kata kunci "Dijual cepat" dan kata kunci lainnya digunakan agen marketingnya untuk mengiklankan rumah tersebut.

>> Cek Harga Rumah dan bandingkan dengan tipe yang sejenis <<


Jika anda berutung anda akan mendapatkan harga rumah yang miring lebih murah dari harga pasaran, tentu anda harus jeli.

2. Beli Rumah Rusak


Cara lain untuk memperoleh rumah dengan harga murah dan menguntungkan adalah membeli rumah yang sudah agak tua atau kondisinya sudah mulai rusak dengan harga semurah-murahnya. Kondisi rumah yang rusak adalah alasan untuk menekan harga serendah-rendahnya.

Setelah menjadi hak milik, perbaiki atau renovasi rumah itu. Kemudian rumah second rasa baru pun siap dihuni. :-).  Atau jual dengan harga tinggi. Harga beli rumah dan biaya renovasi merupakan komponen modal awalnya, untuk menentukan harga jual tinggal tambahkan nilai profit.

3. Beli rumah Lelang

Rumah lelang bank adalah rumah milik debitur bank yang ditawarkan secara lelang karena debitur itu gagal melunasi cicilan pinjaman kepada bank tersebut.
Mungkin Anda pernah tahu, bahwa beberapa bank mengadakan lelang rumah dan anda tertarik untuk membeli salah satunya namun masih ragu apakah rumah lelang itu sah atau apakah memiliki hunian yang dilelang itu aman? Sebenarnya, membeli rumah lelang sitaan bank bisa dikatakan amanlelang bank ada dasar hukumnya, sehingga dijamin keamanannya. Karena surat-surat rumah seperti IMB, sertifikat, PBB semua sudah jelas dan lengkap disediakan oleh bank. Sehingga anda sebagai calon pembeli tak perlu repot mengurusnya lagi. Malah, dengan membeli rumah lelang, terdapat keuntungan lain yang bisa didapat yaitu harganya jauh lebih murah daripada harga pasaran rumah pada umumnya karena bank hanya ingin agar hunian tersebut proses likuiditasnya cepat.

Bagaimana cara mendapatkan dan mengikuti lelang?
Sebenarnya anda tidak perlu cape-cape ikut lelang, datang ke bank tanya rumah lelang, atau datang ke Balai Lelang utuk mengetahui jadwal lelang. Semua itu melelahkan.. belum lagi anda harus melewati proses bidding yang kadang menguras emosi, sudah memberikan angka terbaik ternyata kalah lelang, ZONK deh hasilnya. Hehe.. Memang bagi yang tidak terbiasa mengikuti lelang akan merasa kesulitan dan kebingungan.
Anda bisa mendapatkan rumah lelang tanpa mengikuti lelang, gimana caranya? anda bisa menggunakan jasa agen properti rumah lelang, agen properti ini sama dengan marketing lainnya namun mengkhususkan dirinya menjadi agen properti lelang. Biasanya agen tersebut mempunyai listing rumah lelang yang cukup banyak.
Dimana anda bisa bertemu dengan agen tersebut? Tenang, anda tidak perlu cape-cape  kerumahnya atau ke kantornya, cukup Search aja di google atau portal jual-beli rumah. Jika menemukan rumah dengan harga tidak wajar (jauh lebih murah dari harga pasar) dan di desription ada keterangan dijual melalui lelang, berarti agen tersebut adalah agen rumah lelang. Segera hubungi agen tersebut untuk informasi lebih lanjut. Biasanya anda akan dibantu proses lelangnya sampai tuntas.

Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka:
https://www.cekaja.com/info/ini-tips-beli-rumah-bekas-yang-bisa-bikin-kamu-untung-berlipat/ diakses tanggal 29-10-16 20:00
http://www.lamudi.co.id/journal/lelang-rumah-sitaan-bank/ diakses tanggal 29-10-16 20:00

Lihat Rumah dilelang di Jabodetabek : >>RumahdiLelang<<

Anda ingin beli Rumah baru ? klik aja >>RumahDijual<<