6 Cara Mengumpulkan DP Rumah

Gambar Ilustrasi DP | Source: klnyre.com

6 Cara Mengumpulkan DP Rumah


Punya rumah sendiri pastinya menjadi idaman bagi anda. Senyaman-nyamannya rumah orang tua atau kontrakan, tentu akan lebih enak jika tinggal di rumah sendiri.

Rumah juga bisa dijadikan investasi untuk masa depan anda dan keluarga. Minimal saat anak anda dewasa anda dapat mewariskan rumah tersebut kepadanya.

Masalahnya, harga rumah terus naik, bahkan dibeberapa daerah kenaikannya sangat signifikan mengikuti pesatnya pembangunan di daerah tersebut. Jika anda ingin membelinya secara tunai tentu harus menabung dengan jangka waktu yang lebih lama, anda harus menabung hingga tua untuk mendapatkannya.

Baca juga: Membeli rumah dengan cara cash atau kpr (kredit) ?

Agar lebih realistis tidak ada salahnya anda mengumpulkan uang untuk DP (down payment) alias uang muka rumah dan membelinya secara kredit. Simak 6 cara berikut agar DP rumah segera terkumpul

1. Tentukan Target

Baiknya anda jangan mengatakan "kapan-kapan saya akan membeli rumah". Buat targetnya! Misalnya, "tiga tahun lagi saya akan membeli rumah", tahun depan saya akan membeli rumah.

Target ini untuk mengetahui berapa banyak DP yang harus dikumpulkan, berapa banyak juga uang yang harus ditabung setiap bulannya. Jangan lupa perkirakan kenaikan harganya setiap tahun. Caranya dengan memeriksa harga pasarannya setiap tahun.

Contoh, tahun ini DP rumah yang anda inginkan sekitar  Rp 100 juta. Tahun depan kemungkinan DP rumahnya akan naik minimal 15 juta. Berarti jika tiga tahun lagi anda ingin ambil rumah anda harus mengumpulkan dana untuk DP sekitar RP 150 juta.

2. Investasikan Dana

Jangan puas hanya dengan menabung, sementara setiap tahunnya nilai mata uang mengalami inflasi. Jika anda memiliki tabungan berjumlah cukup besar, cobalah menginvestasikannya dalam bentuk lain. Misalnya dalam bentuk Emas atau reksadana syariah.

3. Beli Tanah

Belum sanggup membeli rumah, beli saja tanahnya dulu. Pilih tanah yang lokasinya strategis, atau beli tanah kavling di perumahan. Saat ini banyak developer perumahan yang tidak hanya menjual rumah tapi juga menjual tanah kavling. Jika memang belum ingin dibangun, gunakan tanah tersebut untuk berbisnis, misalnya disewakan untuk lahan parkir, disewakan ke pedagang kaki lima atau digunakan untuk berkebun.

Jika dalam beberapa tahun ke depan anda belum juga dapat mendirikan bangunan, anda bisa menjualnya. Harganya pasti akan lebih tinggi dan bisa menjadi modal utama mengumpulkan DP rumah.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Demi segera terkumpulnya DP rumah mau tidak mau Anda harus menambah pundi-pundi keuangan Anda. Salah satu caranya dengan melakukan pekerjaan tambahan (side job) sesuai bidang yang anda kuasai, misalnya fotografi, menjadi penulis lepas, atau penerjemah. Menjadi reseller atau berjualan secara online juga patut di coba. Bahkan saat ini anda dapat memanfaatkan kendaraan pribadi anda untuk mencari uang tambahan, anda bisa mendaftar sebagai ojek online maupun taksi online seperti grabbike atau grabcar. Lakukan pekerjaan di akhir pekan atau setelah anda pulang kantor.

5. Manfaatkan Aset

Jika selama ini anda mempunyai aset yang tidak produktif, misalnya anda memiliki mobil pribadi anda bisa menjualnya dan membeli kendaraan lain yang lebih murah seperti motor. Hasil penjualan mobil dapat digunakan untuk menambah DP rumah.

6. Mulai berhemat, tutup pengeluaran tidak penting

Dalam mengumpulkan uang tentu harus diimbangi dengan pengeluaran, jangan sampai dana yang anda perlukan (ditabung) banyak tapi pengeluaran juga besar, belum lagi jumlah pendapatan yang pas-pasan.

Maka dari itu anda harus menerapkan pola hidup hemat dan menutup beberapa pengeluaran yang tidak terlalu penting. Prioritaskan untuk menabung dan kebutuhan pokok.

**

Demikian 6 Cara Mengumpulkan DP Rumah yang bisa kami sampaikan. Semua menjadi keputusan anda, anda yang dapat mengukur kemampuan dan mengatur keuangan anda. 6 cara ini mungkin dapat bermanfaat untuk merencanakan keuangan Anda agar segera mendapatkan DP untuk membeli rumah meggunakan KPR. Anda perlu disiplin atas diri anda sendiri bahwa ada target yang harus anda capai.


Andri Susanto

disadur dari Rumah .com dan infoperbankan .com