Manfaat Berkuda, Memanah dan Berenang


Manfaat Berkuda, Memanah dan Berenang



Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim, disebutkan Nabi memerintahkan kepada kita agat mengajari anak-anak kita berkuda, berenang dan memanah.


Mari kita coba kaji kebaikan dan kelebihan pada perintah-perintah tersebut yang pastinya menyimpan hikmah baik tersirat maupun tersurat.


1. BERKUDA

*Gambar Ilustrasi | Pacuan Kuda Hasanah City
Bentuk lekuk tubuh belakang kuda (tempat yang diduduki), sangat baik untuk merawat segala masalah tulang belakang manusia. Saat pergerakan galloping yaitu saat kuda melompat dan berlari menyebabkan pergerakan vetebra tulang belakang kita yang bersentuhan antara saty sama lain dalam kondisi harmonis, dan merangsang saraf-saraf tulang belakang, seolah-olah diurut.

Sedangkan pakar kesehatan pun tidak mampu membuat seperti gerakan alami tulang-tulang vebrata saat orang menunggang kuda.

Penunggang kuda yang hebat biasanya bebas daru mengalami sakit punggung. Selain itu, kuda juga mencerahkan mata sebab ada rangsangan terhadap saraf kranial saat gerakan 'galloping' kuda.


2. BERENANG

Saat berenang, mental, fisik, segala otot dan tulang rangka digerakkan untuk membuat satu gerakan yang terkoordinasi antara dua kaki dan dua tangan, selain merangsang stamina (sistem kardiovaskular).

Karena itu berenang dikatakan sebagai hobi yang paling sempurna dan menyehatkan.

Berenang juga memberi kesempatan kepada manusia untuk menguasai air dan menjadi lebih berani. Sebab ketika orang berenang, dibutuhkan juga keberanian untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi di dalam air.


3. MEMANAH

Perumahan Syariah Hasanah City dekat Stasiun Parung Panjang
*Gambar Ilustrasi | Panahan Hasanah City


Memanah melatih emosi untuk menempatkan 'target' pada satu sasaran. Jika emosi kita terganggu, sudah pasti target kita terganggu, sudah pasti target akan mudah melenceng.

Secara tidak langsung olahraga ini melatih kita untuk belajar tenang dan mengendalikan emosi. Seseorang yang tidak tenang, gugup, pemarah, kurang sabat bukanlah seorang pemanah yang baik.

Memanah juga sangat menitikberatkan keseimbangan tubuh. Pada saat melenturkan anak panah di busurnya, kemudian melepaskannya perlu ada kekuatan fisik. Olahraga ini juga dapat membantu fokus dan konsentrasi dalam menyemai rasa tanggung jawab dan disiplin diri, meningkatkan jati diri dan keyakinan pribadi.

Orang yang memiliki banyak karakter pribadi seperti ini Insya Allah akan mudah melewati segala rintangan dalam hidupnya.


Mungkin untuk olahraga renang di kawasan perkotaan sangat mudah untuk didapatkan. Tapi bagaimana dengan olahraga berkuda dan memanah ?


Alhamdulillah, ternyata di perkotaan, tepatnya di Parung Panjang, Bogor dekat dengan BSD City, KRL serta TOL dan Akses ke Jakarta pun Insya Allah akan ada olahraga berkuda dan memanah.

Bukan hanya hadir sebagai sarana olahraga saja, ternyata sarana olahraga tersebut berada di dalam kawasan perumahan syariah seluas 25 Ha Hasanah City.


Selain ada sarana olahraga berkuda dan memanah, ternyata kolam renang di kawasan tersebut juga pun sangat islami, yang mana kolam renangnya terpisah antara Akhwat dan Ikhwan.

Sehingga perempuan pun bisa berolahraga renang dengan leluasa tanpa takut diintip laki-laki, hehe


Insya Allah bagi warga Perumahan Syariah Hasanah City dapat menikmati sarana olahraga berkuda, berenang dan memanah kapan pun serta akan mendapatkan manfaat seperti yang dijelaskan diatas.


Silahkan cek Perumahan Syariah Hasanah City  untuk penjelasan lebih detail mengenai perumahan syariah kawasan islami 25 Ha Hasanah City

Stasiun Parung Panjang
*Gambar Ilustrasi | Kolam Renang Hasanah City