BAGUS MANA INVESTASI TANAH KAVLING PRODUKTIF ATAU APARTEMEN KOST?

BAGUS MANA INVESTASI TANAH KAVLING PRODUKTIF ATAU APARTEMEN KOST ?




BAGUS MANA INVESTASI TANAH KAVLING PRODUKTIF ATAU APARTEMEN KOST?





Saat ini mungkin anda sering mendapatkan penawaran berupa Tanah Kavling Produktif ataupun Apartemen Kost untuk Investasi. Lalu mana yang lebih bagus diantara keduanya apakah tanah kavling atau apartemen kost? Mari kita ulas bersama-sama..

Sebelum kita mengetahui mana yang lebih baik antara tanah kavling produktif dan apartemen kost kita harus mengetahui dulu kelebihan dari kedua jenis investasi ini. Pada dasarnya kedua jenis investasi ini baik tanah kavling maupun apartemen kost sama-sama bagus karena berada di sektor riil (Real Asset) , artinya resikonya lebih rendah dibanding investasi di sektor non-riil seperti SAHAM dan Obligasi.

Lalu apa keunggulan dari kedua sektor investasi ini (Tanah kavling Produktif dan Apartemen Kos)..?
Kita akan membahasnya satu per satu.

Tanah Kavling Produktif.


Tanah Kavling Produktif sedang trend belakangan ini, banyak developer yang menawarkan tanah kavling produktif dengan konsep masing-masing yang berbeda. Diawali dengan Kampung Kurma yang menawarkan konsep Tanah Kavling Produktif  Islami yang konsepnya di tanah kavling tersebut ditanami pohon kurma dan diberikan fasilitas Islami (Baca Informasi selengkapnya tentang kampung kurma KLIK DISINI). Kemudian bermunculan developer-developer lain yang menawarkan konsep serupa namun hampir sama. Mereka menawarkan konsep yang sama kavling produktif hanya saja dengan komoditi yang berbeda, seperti pohon kelengkeng, pohon durian, buah naga, sayuran dan lain sebagainya)

Lalu Apa keunggulan dari Tanah Kavling Produktif?
  1. Tidak Hanya memiliki Asset berupa tanah tapi juga pohon yang bisa berbuah (menghasilkan)
  2. Memiliki Passive Income tambahan dari hasil panen pohon yang ditanam ( Masa Panen tergantung dari pohon yang ditanam, misal pohon kurma dan pohon Tin baru mulai berbuah rata2 di Usia ke 3-7 dan panennya 1 tahun sekali, pohon durian baru panen diusia 3-6 tahun sejak ditanam, berbuah 1 tahun sekali)
  3. Passive Income dari pohon yang ditanam relative cukup lama (tergantung jenis pohon, misal: Pohon Kurma bisa berusia sampai 80-90 tahun, pohon tin 30-35 tahun, buah naga 15-20 tahun.
  4. Tidak perlu repot-repot bercocok tanam, karena developer mempunyai tenaga ahli dan memberikan perawatan jadi benar-benar mendapatkan passive income tanpa pusing memikirkan perawatan dll.
  5. Ada Fasilitas Umum di kawasan kavling. Untuk memudahkan dan memanjakan para investor, Developer kavling produktif misalnya kampung kurma memberikan fasilitas umum yang memanjakan misalnya jalan lebar antar kavling dan fasilitas Masjid Islamic Center serta sarana olahraga. Sehingga selain untuk investasi bisa juga untuk lokasi wisata berlibur keluarga.
Itu tadi ulasan singkat dari keunggulan kavling produktif, sebenarnya jika diuraikan lebih panjang dan detail masih ada lagi keunggulannya, namun tulisan diatas sudah cukup menjelaskan keunggulan kavling produktif.

Apartemen Kost

Apartemen Kost juga belakangan ini sedang trend di kalangan investor properti, banyak developer yang menawarkan apartemen kost tentu dengan konsep dan keunikan masing-masing. Seperti Apartemen Kost Dramaga Riverside yang baru-baru ini dipasarkan, Apartemen Kost dengan Konsep Syariah baik dari kreditnya maupun konsep apartemennya. (Ulasan lengkap Dramaga Riverside silahkan KLIK DISINI

Lalu apa keunggulan dari Apartemen Kost?

Memiliki unit kamar kost di Apartemen Kost tentu lebih menguntungkan daripada anda bangun sendiri rumah kost2an, kenapa begitu?
  1. Memiliki Asset berupa kamar kost yang lokasinya strategis (sudah pasti terisi karena dibangun dilokasi yang sangat strategis). Misalnya Apartemen Kost Syariah Dramaga Riverside lokasinya strategis dekat kampus IPB Dramaga Bogor. Anda tidak perlu pusing cari tanah yang strategis kemudian bangun sendiri kost-kostannya.
  2. Tingkat permintaan (demand) terhadap kamar kost tergolong tinggi, apalagi di kawasan-kawasan apartemen dekat kampus.
  3. Apartemen Kos memiliki capital gain yang dapat diperoleh dalam jangka panjang. Dibanding Investasi Tanah Kosong dan rumah sewa (kontrakan), capital gain apartemen kos rata-rata lebih tinggi.
  4. Apartemen Kos memiliki (capital rate) 5 % - 7 %, jauh jika dibandingkan dengan rumah kos biasa. Apartemen Kos terutama yang dekat kampus ternama seperti IPB (Institut Pertanian Bogor) mampu mendatangkan regular income tiap bulannya sebesar 1 - 1.5 juta tiap bulannya tergantung tipe, dan berpotensi naik setiap tahunnya.
  5. Fasilitas yang cukup lengkap, Enaknya Apartemen Kost ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti sarana olahraga, sistem keamanan dan lainnya, tentu akan menjadi daya tarik bagi calon penghuni kost.
  6. Ada jasa rental-management atau building-management untuk membantu investor menemukan penyewa potensial. Enaknya Apartement Kost ini, anda tidak harus lagi sewa karyawan untuk penjaga keamanan dan kebersihan. Pihak Apartemen Kost ini biasanya sudah mempunyai karyawan untuk biaya operasional seperti maintenance, kebersihan, serta keamanan. Anda cukup membayar biaya bulanannya - biaya bulanan ini bisa anda bebankan kepada penyewa kost
Setelah membaca kelebihan dari Tanah kavling Produktif dan Apartement Kost tentu kita dapat menyimpulkan mana yang lebih bagus di antara keduanya. Saya secara pribadi menyimpulkan ternyata kedua nya baik tanah kavling produktif maupun Apartemen Kos sama-sama bagus. Hanya saja keduanya memiliki ciri yang berbeda dalam hal income untuk para investor.

Untuk Tanah Kavling Produktif bisa memberikan Income ke Investor SETIAP TAHUN atau tergantung masa panen dari pohon yang ditanam. Sedangkan untuk Apartemen Kost bisa memberikan Income SETIAP BULAN  dari setiap unit kamar kost yang disewakan.

Saran saya untuk para investor miliki saja kedua jenis investasi ini baik tanah kavling produktif maupun apartemen kos agar bisa memiliki income tambahan setiap bulan dan setiap tahun. Hasil passive income dari sewa unit kamar di apartemen kost per bulan bisa anda gunakan untuk keperluan bulanan anda dan keluarga seperti uang belanja, jajan anak, jalan-jalan sedangkan hasil dari passive income Tanah kavling Produktif yang hasilnya 1 tahun sekali bisa anda gunakan untuk keperluan tahunan misal untuk bayar zakat, bayar pajak rumah, pajak kendaraan bermotor dll.

Mumpung saat ini anda masih punya uang dan produktif segeralah berinvestasi di sektor riil (properti) agar saat anda pensiun, saat anda sudah tidak produktif lagi anda sudah punya asset yang memberikan anda passive income tanpa anda harus lelah bekerja.

Tertarik berinvestasi apartemen kost atau tanah kavling produktif sekarang? KLIK Apartemen kost dan Kavling Produktif terbaru   dan temukan pilihan unit apartemen Kos mulai harga Rp 88 jutaan.

Andri Susanto
Penulis adalah content writer dan founder dari alifpropertisyariah.com. untuk berkomunikasi dengan penulis, anda dapat mengirim email ke: andri.indopro@gmail.com atau melalui facebook: fb.me/andriindopropertisyariah


Aparkost UI, Aparkost IPB, Aparkost Depok, Aparkost Jogja, Aparkost Bogor, Aparkost UI Depok, Aparkost Dramaga reverside, Aparkost Dramaga, Bogor, Apartemen di bogor sewa harian, Apartemen di bogor kota, Apartemen di bogor dijual, Apartemen di bogor murah, Apartemen di bogor disewakan, Apartemen di bogor nirwana residence, Apartemen di bogor, Apartemen di bogor 144juta, Apartemen di bogor 2015, Apartemen di bogor valley, Apartemen meikarta, apartemen kalibata, Kampung Kurma Group, Kampoeng Kurma Group, Kampung Kurma Jonggol, Kampoeng Kurma Jonggol, Kampung Kurma Tanjungsari, Kampoeng Kurma Tanjungsari, alamat kampung kurma, info kampung kurma, investasi kavling, investasi syariah, jonggol farm, kampung islami, kampung kurma, kampung kurma banten, kampung kurma cirebon, kampung kurma jasinga, kampung kurma saladin, kavling kampung kurma, kavling kurma jasinga, kavling kurma tanjungsari, lokasi kampung kurma, kebun kurma, KAMPUNG KURMA PENIPUAN,




Iklan Gathering Apartemen kost Syariah di Bogor  - Dramaga Riverside
BAGUS MANA INVESTASI TANAH KAVLING PRODUKTIF ATAU APARTEMEN KOST ?