Tips Cara bijak menggunakan uang THR

Tips Cara bijak menggunakan uang THR

Tips Cara bijak menggunakan uang THR
Tips Cara bijak menggunakan uang THR


Ramadhan adalah bulan suci dan penuh rahmat bagi umat Islam. Selain banyak keberkahan dan rahmat yang bisa diraih, bulan ramadhan juga memberikan rizki tersendiri yang selalu kita tunggu-tunggu menjelang lebaran yaitu THR.

Bahkan terkadang THR menjadikan puasa dan lebaran menjadi semakin meriah. Mall, supermarket, ITC, factory outlet maupun distro menjadi padat oleh pengunjung saat hari jelang lebaran. Seringkali kita terbuai dan membelanjakan THR kita dengan berlebihan seakan lupa makna dari puasa itu sendiri.

Ibadah puasa bagi umat Islam merupakan ritual yang sangat penting karena di bulan suci inilah Allah Subhanahu wata'ala memberikan bukan hanya pengampunan bagi hamba-Nya tetapi juga kesempatan supaya dapat mengumpulkan pahala sebanyak mungkin, sebab kebaikan apapun yang kita lakukan akan dilipat gandakan dan jika menjalankan perintah sunnah maka pahala yang kita dapatkan adalah sebagai pahala perintah wajib yang tidak terdapat di bulan lainnya. Oleh karenanya umat Islam berlomba untuk mempergunakan kesempatan Ramadhan dengan sebaik-baiknya untuk menjadi seseorang yang lebih bertaqwa dan akhirnya kembali pada fitrahnya di saat hari Lebaran 1 Syawal.

Oleh karena itu, secara budaya, pada saat Hari Lebaran hampir semua orang menggunakan pakaian baru sebagai perlambangan jiwa yang kembali baru dan bersih.

Agar semangat Ramadhan tetap ada dan tidak tergoda dengan semangat belanja THR sehimgga kita bisa benar-benar kembali kepada fitrahnya maka sebaiknya gunakanlah THR tersebut dengan dasar motivasi fokus kepada kebutuhan bukan kepada keinginan diri yang berlandaskan hawa nafsu. Dengan demikian semarak semangat fitri dapat menghias dihati kita.

Fasilitas THR merupakan hal yang dapat membantu untuk mendapatkan pemasukan tambahan yang dapat dioptimalisasikan penggunaannya. Suasana belanja dengan program discount lebaran yang diberikan oleh para penjual, seringkali membuat kita kehilangan kekuatan untuk menginjak rem hasrat keinginan belanja dan akhirnya membawa kita bukan lagi fokus kepada kebutuhan tetapi menjadikan diri menjadi lebih konsumtif dan jauh dari makna lebaran yang sebenarnya.

Gunakan THR mu secara bijaksana, dengan urutan prioritas seperti berikut :

1. Bayarkan Zakat dan sisihkan untuk sedekah serta infaq.

Bayarkan sedekah infaq tersebut untuk Saudara-saudara terdekat dulu yang memang membutuhkan pertolongan, contohnya karena sakit, atau untuk membayar uang sekolah anak dll. Hal ini mempunyai dampak positif yang dahsyat.

2. Bayarkan utang-utang terutama utang yang sifatnya berbunga apalagi memiliki bunga besar. Dengan demikian kita bisa mengurangi beban dan terbebas dari jeratan utang berbunga (riba).

3. Belanjakan THR dengan bijaksana fokus kepada kebutuhan bukan keinginan. Sesungguhnya kesederhanaan tidak mengurangi makna dari hasil puasa tersebut. Belanja dengan tidak berlebihan, memanfaatkan ITC dan discount factory outlet sehingga mendapatkan harga yang termurah.

4. Apabila kita masih mempunyai walaupun itu sedikit maka simpanlah dana tersebut dengan tujuan untuk berjaga-jaga.

5. Dana surplus atau sisa dana tersebut dapat diinvestasikan kedalam produk investasi untuk keperluan masa depan. Perlu diingat bahwa investasi tidak perlu dimulai dengan jumlah yang bombastis namun dapat dimulai dengan jumlah minimum sesuai dengan kapasitas kita. Yang penting bukan jumlahnya. Namun disiplin kita untuk terus menerus setiap ada uang kita menyisihkan uang kita untuk masa depan.

Mudah-mudahan hal ini memberikan ide kepada Anda untuk dapat menggunakan THR kali ini lebih bijaksana untuk memulai berinvestasi. Selamat berinvestasi dengan THR.

PS: Jika anda ingin investasi berupa tanah produktif dengan budget mulai 10 jutaan silahkan baca infonya disini: http://bit.ly/2x4o2DH


Tips Cara bijak menggunakan uang THR